Thứ Hai, 29 tháng 2, 2016

7 Pemain Top yang Mendapatkan Debut Saat Dilatih Louis Van Gaal

Marcus Rashford, Tim Fosu-Mensah, dan James Weir menjadi tiga pemain akademi Manchester United terbaru yang mendapatkan debut mereka di tim utama berkat kepercayaan yang diberikan manajer Louis van Gaal.

Sang Meneer memang lekat dengan citra sebagai pelatih yang tak ragu memberikan kesempatan pemain muda untuk berkembang. Dalam dua musimnya di Old Trafford, Van Gaal bahkan sudah memberikan debut kepada 14 remaja didikan United.


Dan, melihat kembali ke belakang, berikut adalah tujuh pemain top yang memulai sensasi pertama mereka kala dilatih Louis van Gaal.

7. Thomas Muller

FBL-EUR-C1-JUVENTUS-BAYERN MUNICH

​Thomas Muller adalah salah satu bukti bahwa insting Louis van Gaal dalam memberikan kesempatan kepada pemain muda nyaris selalu berjalan sesuai harapan.

Saat melatih Bayern Munchen pada musim 2009/10, Van Gaal sudah memiliki Miroslav Klose, Mario Gomez, dan Ivica Olic sebagai ujung tombak tim. Namun, Van Gaal tak melupakan bakat muda yang terpendam dalam diri Thomas Muller.


Pemain asal Jerman itu justru menjadi pilihan utama dan nyaris bermain di semua laga Bayern pada 2009/10, yang kemudian meraih gelar Bundesliga dan DFB Pokal serta masuk ke final Champions League sebelum dikalahkan Internazionale 0-2.

6. Xavi Hernandez

FBL-EUR-C1-BARCELONA-CELEBRATIONS

​Salah satu gelandang terbaik dunia sepanjang masa, Xavi Hernandez, mendapatkan debutnya dalam seragam Barcelona ketika Louis van Gaal melatih klub asal Catalan tersebut pada 1998.

Dalam pengakuannya pada November 2015, Xavi berkata bahwa ia mengira Van Gaal seorang idiot di hari kedua latihan pertamanya. Namun pandangan itu berubah setelah ia menjalani latihan selama sepekan dengan pelatih asal Belanda itu.

5. Andres Iniesta

Arsenal FC v FC Barcelona - UEFA Champions League Round of 16: First Leg

​Meski mengawali era keduanya di Barcelona pada 2002 dengan atmosfer negatif, dengan mendepak Rivaldo ke AC Milan dan performa buruk tim arahannya, suporter layak berterima kasih pada Louis van Gaal yang saat itu memberikan debut kepada Andres Iniesta, yang kemudian menjadi bagian dari generasi emas di era Pep Guardiola dan juga bersama Tim Nasional Spanyol.

Di bawah kepelatihan Van Gaal, Iniesta tampil sebanyak enam kali di usia yang baru menginjak 18 tahun.

4. David Alaba

VfL Wolfsburg v FC Bayern Muenchen - Bundesliga

​Pemain serba bisa ini pertama kali mendapatkan kesempatan bermain di tim utama dalam usia 17 tahun delapan bulan delapan hari di laga German Cup menghadapi Greuther Furth. Ia menjadi pemain non kiper termuda yang pernah membela Bayern.

Van Gaal kemudian memutuskan meminjamkan David Alaba ke Hoffenheim selama enam bulan dan sang pemain kembali pada musim 2011/12 di bawah kepelatihan Jupp Heynckes.

3. Patrick Kluivert

Heineken UEFA Champions League Trophy Tour

​Patrick Kluivert mendapatkan debutnya di Ajax Amterdam pada awal musim 1994/95 saat melawan musuh bebuyutan timnya, PSV Eindhoven dan sukses mencetak satu-satunya gol untuk Ajax di laga tersebut.

Van Gaal membangkucadangkan Kluivert pada final Champion League kontra Milan sebelum ia mencetak gol kemenangan dramatis. Kluivert akhirnya bersatu kembali dengan Van Gaal saat ia ditransfer dari AC Milan ke Barcelona pada 1998.

2. Bastian Schweinsteiger

FBL-ENG-PR-MAN UTD-CHELSEA

​Di era kepelatihannya di Bayern pada 2009/10, Van Gaal jelas memulai pekerjaannya dengan tidak bagus setelah hanya meraih satu kemenangan dari empat laga pertamanya. 

Namun kepercayaan petinggi Bayern kepada Van Gaal terus bertahan. Van Gaal pun tak ragu untuk terus memilih pemain muda di jajaran starting line up, termasuk Bastian Schweinsteiger.


Peran Van Gaal untuk karir kapten timnas Jerman itu tak cukup sampai memberikannya sebuah laga debut. Schweini diubah perannya dari seorang winger menjadi gelandang bertahan, posisi yang terus dimainkannya sampai 2016 dan menjadikannya sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah ada di posisi tersebut.

1. Edwin Van der Sar

FBL-FRIENDLY-MAN UTD-BAYERN-LEGENDS

​Mantan pemain profesional lainnya yang diberikan debut oleh Van Gaal di Ajax adalah penjaga gawang asal Belanda, Edwin Van der Sar. Ia bermain selama enam tahun di bawah kepelatihan kompatriotnya tersebut dan menjadi bagian dari kesuksesan skuat muda Ajax menjuarai Champions League 1994/95.

0 nhận xét:

Đăng nhận xét