​Bek Barcelona, Javier Mascherano, mengungkapkan momen yang menjadi penentu dalam keuksesan kariernya di Spanyol. Mascherano mengatakan sebuah tekel kepada mantan pemain Arsenal, Nicklas Bendtner, menjadi penentu dalam kariernya di Spanyol.

"Momen tersebut menandakan dua tahap dalam karier saya. Jujur, setelah lima bulan kedatangan saya, saya tidak merasa yakin saya dapat bertahan lama di Camp Nou. Gaya bermain Barcelona bertolak belakang dengan karakteristik saya," ujar Javier Mascherano dalam sebuah wawancara kepada ​Guardian.

Javier Mascherano didatangkan Barcelona dari Liverpool pada musim 2010/11. Berposisi sebagai gelandang bertahan dengan karakteristik gelandang bertahan klasik, berbeda dengan dua rekannya, Sergio Busquets dan Seydou Keita.

"Momen tersebut menjadi penentu dalam karier saya bersama Barcelona. Apabila Nicklas Bendtner mampu mengendalikan bola dan berlari ke arah yang berlawanan maka jelas ia akan lepas dari pengawalan saya dan saya tidak tahu apa yang akan terjadi berikutnya," lanjut Mascherano terkait pengalamannya pada awal kariernya di Barcelona.

Tekel tersebut memang sangat penting bagi Mascherano, dan tentunya untuk Barcelona, yang saat itu unggul 4-3 secara agregat atas Arsenal di Camp Nou. Apabila Bendtner mencetak gol, mereka akan tersingkir. Pada akhirnya Barca lolos dan meraih gelar juara pada musim tersebut.