Masa depan salah satu pemain serba guna Barcelona, Jeremy Mathieu hingga saat ini masih belum bisa menemui titik terang. Bek asal Prancis tersebut untuk sementara ini masih memiliki sisa kontrak selama dua musim lagi di Camp Nou. ​

Waktu bermain yang ia terima dari Luis Enrique pun juga bisa dikatakan tak menentu, karena ia hanya sebagai pemain pelapis saat ini. Meski sebenarnya ia adalah seorang bek tengah, namun ia juga sering diturunkan sebagai seorang bek kiri untuk memberikan waktu istirahat kepada Jordi Alba. 

Mathieu disebut sebagai salah satu pemain yang akan dilepas oleh Barcelona pada akhir musim bila tawaran yang tepat datang ke manajemen Los Cules, seperti dilansir ​Sport English. 

Selain itu, sang pemain juga dikabarkan telah memberikan lampu hijau kepada sang agen untuk bisa mencarikan sejumlah tawaran dari klub lain, dan ia ingin melihat tawaran mana yang akan tersedia baginya bila ia memang akan hengkang dari Camp Nou. 

Salah satu klub yang telah menerima tawaran tersebut adalah AS Monaco. Klub asal Prancis tersebut menjadi klub yang bersedia untuk menyanggupi besaran gaji yang harus mereka bayarkan kepada Mathieu.