Barcelona sukses memetik kemenangan besar dengan skor akhir 5-1 ketika bertandang ke markas Rayo Vallecano pada Jumat (4/3) dini hari WIB. ​Lionel Messi menjadi bintang kemenangan Los Cules pada laga tandang kali ini dengan torehan hattrick-nya, dengan dua gol yang lain disumbangkan oleh Ivan Rakitic dan Arda Turan. 

Detil pertandingan

Tim tuan rumah langsung berusaha memberikan ancaman pada lini pertahanan Barcelona pada awal pertandingan melalui pergerakan Adri Embarba. Namun usaha tersebut memperoleh balasan dari Barcelona yang memberikan sebuah ancaman balik pada menit sembilan, ketika Lionel Messi berhasil melesakkan bola pada gawang tim tuan rumah namun dianulir karena dianggap offside

Barcelona terlihat bermain dengan tak efektif sama sekali, berbagai serangan dan tekanan yang mereka bangun terlihat kandas di tengah jalan. Namun semuanya berubah pada menit 22 ketika kebuntuan terpecahkan melalui aksi Ivan Rakitic yang tanpa kesulitan melesakkan bola setelah Carlos salah melakukan antisipasi pada umpan silang. 

Tidak membutuhkan waktu lama, hanya berselang satu menit saja Lionel Messi berhasil menambah derita tuan rumah melalui sebuah sentuhan kecil yang memaksimalkan umpan yang disodorkan oleh Neymar da Silva. 

​​

FBL-ESP-LIGA-RAYOVALLECANO-FCBARCELONA-RAYO-BARCELONA

Rayo Vallecano terlihat berusaha untuk bangkit dengan meningkatkan ritme permainan mereka serta mencoba menekan lini pertahanan Barcelona. Namun petaka bagi tim tuan rumah ketika mereka dipaksa bermain dengan 10 orang pemain saja usai Diego Llorente mendapatkan kartu merah karena pelanggaran pada Rakitic jelang berakhirnya babak pertama. Kedudukan bertahan 2-0 bagi keunggulan Barcelona. 

Neymar berhasil memulai babak kedua dengan pergerakannya yang cukup impresif, namun tidak ada hasil optimal yang ia catatkan. Barcelona akhirnya memperoleh gol ketiganya ketika laga berjalan 53 menit. Sergi Roberto melepaskan umpan terobosan yang langsung diteruskan dengan tendangan Luis Suarez yang hanya membentur tiang gawang, tetapi ada Lionel Messi yang langsung menyambarnya. 

Walaupun masih kalah dalam jumlah pemain, tim tuan rumah tetap mampu menghadirkan ancaman serta permainan yang menyulitkan untuk tim tamu. Hal tersebut terbukti ketika mereka mampu memperkecil ketertinggalan di menit 57. Bebe memberikan sebuah umpan terukur yang langsung diteruskan dengan tendangan jarak dekat oleh Manucho untuk membobol gawang Bravo. 

Tim tuan rumah pada akhirnya dipaksa bermain hanya dengan sembilan orang pemain setelah menerima kartu merah untuk kedua kalinya pada menit 67, yang diganjarkan kepada Manuel Iturra. Ia dianggap melakukan pelanggaran keras pada Busquets dari belakang. Pelanggaran ini berbuah penalti untuk Barcelona, yang sayangnya tak berhasil dimaksimalkan oleh Suarez untuk memberikan gol tambahan bagi timnya.

Gol keempat Barcelona baru bisa tercipta pada menit 72 sekaligus menjadi hattrick bagi Messi yang tampil dengan sangat gemilang dalam laga ini. Alih-alih memperkecil kedudukan, Rayo Vallecano justru kebobolan gol kelima pada laga ini hanya empat menit jelang waktu normal berakhir ketika sundulan dari Arda Turan berhasil menambah derita tim tuan rumah. Kedudukan akhir 5-1 bagi keunggulan Barcelona berhasil dipertahankan hingga laga berakhir. 

​​

​​


Susunan pemain

Rayo Vallecano: Carlos, Quini, Llorente, Crespo, Tito; Iturra, Trashorras; Embarba, Piti, Bebe; Manucho.

Barcelona: Claudio Bravo; Roberto, Pique, Javier Mascherano, Jeremy Mathieu; Ivan Rakitic, Busquets, Iniesta; Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar