Musim lalu bek kanan Barcelona, Daniel Alves diisukan hengkang dari Camp Nou karena kontraknya akan segera berakhir dan beberapa klub besar Eropa lainnya meminati pemain asal Brasil itu. Namun kepergiannya urung terjadi karena ia menerima perpanjangan kontrak Blaugrana selama dua musim ke depan.

Alves memang masih jadi pemain andalan Barcelona saat ini meski pelatih silih berganti, sejak ia bergabung dengan Sevilla pada 2008. Di usia 32 tahun posisi Alves sebagai bek kanan belum tergantikan, dan telah mengemas 350 penampilan lebih di seluruh kompetisi yang diikuti Barcelona.

Meski begitu Alves mengonfirmasi bahwa ia takkan selamanya berada di Barcelona dan menegaskan akan kembali ke klub pertama, yang mempopulerkan namanya. Yakni klub asal Brasil yang berada di Kota Salvador, Bahia.

“Saya telah berjanji bahwa saya akan mengakhiri karier di mana saya memulainya, sebagai cara saya berterima kasih kepada orang-orang yang memberikan kesempatan saya untuk membesarkan nama di sepak bola,” ucap Alves seperti diberitakan ​Goal, Selasa (23/2).

“Saya ingin bermain di sana sebelum pensiun, tapi tentu permainan saya nanti juga dapat dinikmati mereka dan juga saya,” lanjutnya.

“Saya akan pastikan tetap dalam kondisi terbaik jadi saya bisa kembali dan tidak tampil mengecewakan! Gagasan saya untuk dapat menyenangkan segala pihak yang terlibat, baru saya bisa pensiun,” pungkas Alves.

Sebanyak 21 trofi telah dirah Alves selama berseragam Barcelona. Termasuk lima di antara titel La Liga, tiga trofi Copa del Rey, dan tiga trofi Champions League.