Thứ Hai, 22 tháng 2, 2016

Klub Kecil yang Mampu Mengalahkan Klub Papan Atas di Ajang Eropa

​Klub-klub raksasa selalu menjadi magnet tersendiri dalam setiap kompetisi yang diselenggarakan di Eropa, baik di Europa League atau bahkan Champions League. Popularitas klub-klub tersebut tentu membuat mereka sangat diunggulkan ketika 'hanya' harus berhadapan dengan beberapa tim gurem yang secara kualitas dan kekuatan sangat jauh berada di bawahnya. 

Namun tentu saja semua kemungkinan bisa saja terjadi, apapun bisa terjadi di dunia sepak bola. Termasuk kekalahan yang diterima oleh klub-klub besar Eropa dari klub-klub kecil. 

Berikut adalah klub-klub kecil Eropa yang pernah mengalahkan klub besar Eropa. 

4. FC Basel vs Chelsea

FBL-EUR-C3-LECH-BASEL

Chelsea harus menelan kekalahan tipis 0-1 atas FC Basel pada pertandingan lanjutan Grup E Champions League di St Jakob-Park pada 27 November 2013. Meski berhadapan dengan salah satu kekuatan raksasa Premier League, Basel terbukti mampu tampil dengan sangat percaya diri dan unggul dalam hal penguasaan bola.​

Gol yang menjadi petaka bagi The Blues pun pada akhirnya terlahir pada menit 87. Salah satu pemain Basel, Salah yang memperoleh umpan dari Schar berhasil menyelesaikan peluangnya dengan sangat sempurna. Kedudukan 1-0 bagi Basel tersebut sukses mereka pertahankan hingga laga berakhir. Namun meski mereka kalah, Chelsea tetap dipastikan lolos ke 16 besar, karena pada laga lainnya Schalke ditahan imbang tanpa gol oleh Steaua Bucuresti.

3. FC Basel vs Manchester United

FBL-EUR-C3-BELENENSES-BASEL

​Manchester United harus menerima sebuah pil pahit kekalahan pada laga pamungkas Grup C Champions League pada Kamis, 8 Desember 2011. Bertanding di St Jakob-Park, Setan Merah menerima kekalahan 1-2 dari FC Basel dan mereka pada akhirnya tak berhasil lolos pada babak 16 besar. 

Gol pertama berhasil didapatkan oleh Celtic melalui aksi Marco Streller pada menit sembilan, dan berhasil digandakan oleh Alexander Frei pada menit 84. Gol yang dinantikan oleh Manchester United pada akhirnya baru mampu diciptakan di menit 89, dan membuat laga tersebut berakhir dengan kekalahan 1-2 Manchester United atas FC Basel. 

2. Glasgow Celtic vs Barcelona

Celtic v Valencia - UEFA Youth Champions League

Pada pertandingan Grup G Champions League yang digelar di Celtic Park pada Rabu, 7 November 2012, Barcelona harus menelan kekalahan memalukan 1-2 dari tim tuan rumah Glasgow Celtic. Victor Wanyama sukses menciptakan gol pertama bagi tim tuan rumah pada menit 21, setelah berhasil melepaskan diri dari pengawalan Jordi Alba. 

Celtic mampu semakin menjauh ketika laga memasuki menit 83 melalui aksi Tony Watt, yang berhasil memanfaatkan umpan dari Fraser Forster dan membuat kedudukan menjadi dua gol tanpa balas bagi keunggulan Celtic. 

Barcelona baru mampu memperkecil ketertinggalan mereka ketika pertandingan masuk pada menit 90+1 melalui aksi Lionel Messi. Ia membobol gawang tim tuan rumah dari tengah kotak terlarang lawan ketika memaksimalkan bola muntah hasil tembakan Pedro Rodriguez. 

1. FC Midtjylland vs Manchester United

FC Midtjylland v Manchester United - UEFA Europa League Round of 32: First Leg

​Manchester United harus rela menelan kekalahan 1-2 dalam kunjungannya ke markas Midtjylland di laga leg pertama babak 32 besar Europa League. Setan Merah berhasil unggul lebih dulu atas klub asal Denmark tersebut sebelum akhirnya berbalik kalah.

Bertanding di dalam MCH Arena pada Jumat (19/2) dini hari WIB, Manchester United berhasil unggul lebih dulu melalui aksi Memphis Depay. Namun sang tim tuan rumah sukses untuk menyamakan skor tepat sebelum babak pertama berakhir melalui aksi Pione Sisto. 

Pemain pengganti Paul Onuachu kemudian membawa tuan rumah berbalik unggul di 77 melalui tembakan keras dari tepi kotak penalti yang tak kuasa dijangkau Sergio Romero.

Sebelum mengalahkan Manchester United, FC Midtjylland hanya mempunyai rekor satu kali menang dari sepuluh laga terakhir dan mempunyai skor agregat 1-9 melawan Napoli di babak grup Europa League sebelumnya dari dua kali bertemu.

0 nhận xét:

Đăng nhận xét