Delapan laga tak pernah kalah Zinedine Zidane akhirnya beraih di depan pendukungnya sendiri, di Santiago Bernabeu. Real Madrid kalah 0-1 dari Atletico Madrid di jornada 26 La Liga, Sabtu (27/2). Kekalahan ini juga menegaskan superioritas Atletico yang belum pernah kalah dari Madrid musim ini, setelah di pertemuan pertama berakhir 1-1 di Vicente Calderon.

Dengan kemenangan ini. Atletico memangkas jarak dengan Barcelona menjadi lima poin, Barcelona baru akan bermain melawan Sevilla di Camp Nou, Senin 29 Februari 2016 dini hari WIB. Sedangkan untuk Los Merengues, mereka tetap terpaut sembilan poin dan menjauh dari perebutan titel La Liga

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Edisi dua El Derbi Madrileno musim 2015/16 berlangsung di Santiago Bernabeu, setelah di Vicente Calderon awal musim ini berakhir 1-1. Madrid yang tidak terkalahkan di delapan pertandingan terakhir bersama Zinedine Zidane menurunkan susunan pemain terbaiknya.

Tanpa Gareth Bale dan Pepe, Zidane memainkan James Rodriguez dan Raphael Varane sebagai penggantinya. Zidane menerapkan 4-3-3 menempatkan Isco Alarcon, Luka Modric, dan Toni Kroos, di belakang Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema. Ia juga memainkan Danilo yang notabene bek kanan sebagai bek kiri menggantikan Marcelo.

Sedangkan di kubu Atletico. Diego Simeone memainkan Antoine Griezmann dan Fernando Torres di lini depan dalam formasi 4-4-2, memainkan pressing tinggi saat pemain Madrid menguasai bola.

Hal itu terbukti di 10 menit pertama. Madrid mengambialih penguasaan bola, tapi kesulitan melewati lini kedua hingga ketiga Atletico. Tim tamu juga memberikan ancaman melalui serangan balik cepat.

Atletico benar-benar memberikan perlawanan sengit kepada tim tuan rumah. Ronaldo sampai menyisir dua sisi sayap berbeda untuk mencari celah di pertahanan Atletico. Hingga menit 25, Madrid masih mencari celah untuk membongkar pertahanan Atletico.

Kemelut sengit terjadi di menit 31 kala Ronaldo melepaskan tendangan bebas yang ditepis Jan Oblak. Bola liar direbut Isco yang langsung mengirimnya kembali ke dalam kotak penalti Atletico. Benzema menendang dalam kotak penalti, namun masih menyamping di gawang Oblak.

Griezmann memaksa Keylor Navas melakukan penyelamatan pada menit 40 kala melepaskan sepakan spekulasi dari luar kotak penalti. Atletico mulai percaya diri melancarkan serangan ke jantung pertahanan Madrid.

Tak ada gol yang tercipta hingga babak pertama berakhir. Atletico berhasil meredam permainan Madrid meski merek kalah penguasaan bola 32 berbanding 68 persen milik tuan rumah.

Babak Kedua

Zidane memasukkan penyerang muda Real Madrid Castilla, Borja Mayoral di awal babak kedua dan mengganti Benzema, yang belum sepenuhnya fit karena baru cedera.

Keputusan yang cukup berani dilakukan Zidane di laga kompetitif ini, karena di bangku cadangan masih ada Jese Rodriguez dan Lucas Vazquez yang lebih berpengalaman bermain di posisi penyerang sentral.

Madrid langsung mendapatkan peluang emas. Dua menit berjalan Modric memberikan umpan yang disambut Ronaldo, dan melepaskan tembakan di dalam kotak penalti Atletico. Namun sepakannya hanya melebar di sisi kanan gawang Oblak.

Serangan balik cepat Atletico terbukti efektif pada menit 53. Griezmann berlari cepat menarik atensi pertahanan Madrid sebelum memberikan bola kepada Filipe Luis, yang melakukan overlap. Luis menerimanya dan mengembalikan bola kepada Griezmann. Pemain asal Prancis langsung menendangnya dan merobek gawang Navas. 1-0 Atletico unggul.

Zidane kembali melakukan pergantian pemain pada menit 56. Memasukkan Lucas Vazquez menggantikan James. Vazquez diharapkan dapat memberikan tusukan langsung ke dalam kotak penalti Atletico dari sisi sayap, hal yang tidak bisa dilakukan James.

Madrid memiliki satu peluang dari tandukkan Ronaldo kala menyambut umpan silang Daniel Carvajal. Ronaldo tidak terkawal dan bebas menanduk bola itu, namun bola tandukkannya masih tepat mengarah ke pelukan Oblak. Skor 1-0 untuk Atletico masih bertahan hingga menit 70.

Zidane pun memasukkan pergantian terakhirnya kala memasukkan Jese dan mengganti Isco. Indikasi bahwa Madrid akan meningkatkan intensitas serangan, menggempur pertahanan Atletico dan mencari gol penyama kedudukan.

Tak ada jawaban dari pemain Madrid hingga menit 80. Simeone coba memasukkan pemain yang lebih segar, mengganti Augusto Fernandez dan Torres, dengan Matia Kranevitter dan Angel Correa.

Menguasai bola hingga mencapai 66 berbanding 34 persen nyatanya tak berbuah apapun bagi empunya tuan rumah. Madrid sama sekali tak bisa menjebol gawang Oblak hingga laga berakhir, dan Atletico menang di Santiago Bernabeu dengan skor 1-0.

Susunan Pemain:

Real Madrid: Keylor Navas; Danilo, Sergio Ramos, Raphael Varane, Daniel Carvajal; Isco Alarcon (Jese Rodriguez 70’), Toni Kroos, Luka Modric; Cristiano Ronaldo, Karim Benzema (Borja Mayoral 46’), James Rodriguez (Lucas Vazquez 56’)

Atletico Madrid: Jan Oblak; Juanfran, Jose Maria Gimenez, Diego Godin, Filipe Luis; Saul, Gabi, Augusto Fernandez (Matias Kranevitter 76’), Kok; Antoine Griezmann, Fernando Torres (Angel Correa 80’)